Jumat, 17 Februari 2017

Perkembangan Tokopedia dari tahun 2009 sampai 2017


Perkembangan Tokopedia dari tahun 2009 sampai 2017

Tokopedia merupakan salah satu  ecommerce terkenal di indonesia. Perjuangan tokopedia sampai ke detik ini tidak lah mudah, dari proses membangun sistem sampai ke sulitnya mendapatkan investor,walaupun di terpa banyak permasalahan tokopedia tetap bertahan dan malah menjadi e-commerce besar di Indonesia, berikut adalah timeline proses terbentuk nya tokopedia, mendapatkan banyak suntikan dana, penghargaan yang diraih , dan perkembangannnya dari tahun ke tahun.

2009 _  PT Tokopedia  di bentuk oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus alpha edison pada bulan februari lalu pada bulan agustus PT Tokopedia resmi diluncurkan. Tokopedia juga mendapatkan suntikan dana pertama dari Victor Funfkong yaitu CEO dari PT indonusa Dwitama.

2010_ Tokopedia mendapatkan suntikan dana ke dua dari East Vertures sebesar 1,2 triliun rupiah

2011_ Tokopedia mendapat suntikan dana dari Cyber Agent Ventures

2012_ Tokopedia mendapat suntikan dana dari Netprice

2013_ Tokopedia mendapat suntikan dana dari SoftBank Ventures Korea

2014_ Pada bulan oktober Tokopedia mendapatkan dana investasi sebesar Rp 1,2 triliun dari tiga investoe besar di asia tenggara yaitu Sequoia, Soft bank Internet, dan Media inc. Pada bulan desember Tokopedia juga mendapatkan penghargaan di acara Markplus Confrence 2015 di sektor e-commerce sebagai Marketeers of the year pada tahun 2014. Tokopedia juga mengumumkan chelsea mendari brand ambassador  pertama.

2015_Tokopedia menciptakan sistem pembayaran yang dapat di lakukan melalui  beberapa metode dari saldo tokopedia , Mandiri/BCA clickpay sampai via indomeret dan 7 eleven. Tokopedia mengumumkan isyana sraswati menjadi brand ambassador pada tahun 2015.
         
2016_ Tokopedia kembali mendapatkan investasi sebesar 1,9 Triliun dan mendapatkan penghargaan sebagai best company in consumer industry dari Indonesia Digital Economy Award. Pada hari belanja nasional yang di selenggarakan selama tiga hari itu tokopedia memiliki jumlah transaksi paling tinggi di banding e-commerce  serupa.


2017_ Tokopedia kembali memperbarui sistem pembayaran  dengan membaginya menjadi 2 kategori yaitu pembayaran secara manual dan pembayaran secara instan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar